Cara Memilih Baterai Panel Surya

Tipe baterai Lead Acid adalah tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya. Hal ini jelas karena dengan menggunakan tipe baterai Lead Acid, pengguna dapat memanfaatkan energi listrik yang tersimpan pada baterai (discharge) saat panel surya tidak mendapatkan sinar matahari. Sebaliknya saat ada matahari, baterai akan diisi (charge) oleh panel surya.

 

Jenis Baterai Lead Acid terbagi menjadi:

1. Aki Otomotif

– Jenis aki basah yang di gunakan untuk starting atau hdupin mobil atau genset. Desainya dengan CCA besar sehingga sangat cocok untuk fungsi starting saja.

2. Baterai VRLA
Merupakan jenis baterai yang dirancang untuk menghasilkan arus listrik stabil dan dalam waktu lama. Baterai jenis Deep Cycle memiliki ketahanan terhadap siklus pengisian (charge) – pelepasan (discharge) berulang-ulang dan konstan.

Baterai jenis Deep Cycle dibagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Baterai FLA (Flooded Lead Acid)
Secara umum dikenal sebagai baterai/aki/accu basah. Karena sel-sel di dalam aki terendam oleh cairan elektrolit agar berfungsi optimal. Ciri khasnya adalah katup pengisian cairan elektrolit di setiap katup.

b. Baterai VRLA (Valve Regulated Lead Acid)
Disebut juga baterai SLA (Sealed Lead Acid) atau baterai MF (Maintenance Free) atau baterai SMF (Sealed Maintenance Free). Secara fisik baterai ini hanya nampak terminal (+) positif dan terminal (-) negatif.

Dirancang khusus agar cairan elektrolit tidak tumpah atau bocor atau menguap. Baterai ini memiliki katup ventilasi yang terbuka pada tekanan ekstrim untuk pembuangan gas hasil reaksi kimia. Baterai ini sering disebut batereai Maintenance Free karena tidak ada katup pengisian cairan elektrolit.

Baterai VRLA dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan konstruksi internalnya, yaitu :

a) Baterai VRLA AGM (Absorbent Glass Mat)
Baterai VRLA AGM memilik pemisah/separator yang terdiri dari fiberglass yang terletak di antara pelat-pelat sel. Tujuan peletakan ini untuk menyerap cairan elektrolit agar tersimpan di pori-pori fiberglass. Fungsi fiberglass ini seperti handuk yang menyerap air ketika salah satu ujung handuk dicelupkan ke dalam cairan

b) Baterai VRLA Gel (Gel Cells)
Baterai VRLA Gel memiliki cairan elektrolit kental seperti agar-agar atau puding atau gel.

Literatur Battery deepcycle

Sebuah baterai deep-cycle adalah baterai dirancang untuk menjadi secara teratur sangat habis menggunakan sebagian besar dari kapasitas.Istilah ini secara tradisional terutama digunakan untuk memimpin asam baterai di form factor yang sama seperti baterai otomotif; dan kontras dengan starter atau ‘ cranking ‘ baterai otomotif dirancang untuk memberikan hanya sebagian kecil dari kapasitas mereka dalam sebuah, pendek high-current meledak untuk cranking mesin.Untuk lead-acid deep-cycle baterai ada korelasi terbalik antara kedalaman debit ( dod ) dari baterai dan jumlah muatan dan siklus debit dapat melakukan; 1 dengan rata rata ‘ debit ‘ kedalaman sekitar 50 % menyarankan sebagai yang terbaik untuk penyimpanan vs. biaya2 sementara fokus utama dari artikel ini ada di lead-acid, tradisional , teknologi baru seperti baterai lithium-ion – sudah biasa dalam ukuran lebih kecil 3 – mulai biasa terjadi di form factor yang sama ini; meskipun masih di harga premium yang besar

Jenis Battery Lead Acid

Jenis baterai lead-acid deep-cycle struktur perbedaan antara deep-cycle dan cranking lead-acid baterai adalah memimpin piring. bateraiSiklus dalam baterai, aktif piring piring yang lebih tebal dengan pasta higher-density bahan aktif dan lebih tebal. separatorPaduan digunakan untuk piring di dalam baterai antimon siklus mungkin berisi lebih dari itu untuk memulai baterai.Yang lebih tebal pelat baterai 5 menolak korosi melalui diperpanjang muatan dan siklus. debitDeep-cycle lead-acid baterai umumnya jatuh ke dalam dua kategori terpisah; banjir ( fla ) dan valve-regulated lead-acid ( vrla ), dengan tipe vrla dibagi lagi dalam dua jenis, diserap kaca tikar ( agm ). dan gelPenguatan diserap tikar separator kaca membantu untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan dengan menyisipkan dan getaran. menyentak6, lebih lanjut banjir deep-cycle baterai dapat dibagi ke dalam subkategori dari tubular-plated opzs atau flat. berlapisPerbedaan umumnya mempengaruhi siklus hidup dan kinerja. sel

Banjir istilah ‘ banjir ‘ digunakan karena jenis ini elektrolit baterai berisi kuantitas dari cairan sehingga piring yang benar-benar tenggelam .Tingkat elektrolit harus di atas puncak-puncak piring yang berfungsi sebagai reservoir untuk memastikan bahwa kehilangan air selama pengisian tidak menurunkan tingkat di bawah piring tops dan menyebabkan kerusakan .Banjir baterai akan membusuk sedikit air dari elektrolit selama pengisian , jadi perawatan berkala dari banjir elektrolit baterai membutuhkan inspeksi dari tingkat dan penambahan air .Mode dari kegagalan dari deep-cycle utama baterai adalah hilangnya bahan aktif karena penumpahan piring , internal dan korosi grid yang mendukung bahan aktif .Kapasitas siklus yang mendalam elektrolit baterai biasanya dibatasi oleh kapasitas dan bukan oleh piring massa , untuk meningkatkan angka harapan hidup

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART

Open chat