Kombinasi Panel Surya dan Baterai untuk Menerangi Malam di Pedalaman

Ada berita terbaru ini yang menyoroti desa terpencil yang masih terbenam dengan kegelapan di malam hari tanpa jaringan listrik. Ada beberapa bagian wilayah di Bengkulu, Kalimantan Tengah, NTT, NTB, dan beberap desa terpencil lainnya masih belum menikmati jaringan listrik. Ini dikarenakan jalan akses PLN ke desa tersebut sangat sulit. Inilah kenapa kombinasi panel surya dan baterai yang banyak dipertimbangkan untuk solusi.

Pada infrastruktur desa yang tidak memadai jalana sulit untuk diakses dan lokasi yang sangat terpencil untuk jaringan PLN tidak dapat dicapai tempat tersebut. Beberapa alasan lainnya termasuk kondisi perekonomian masyarakat yang kurang, dan minimnya kepedulian pemerintah lokal untuk memperjuangkan akses listrik PLN.

Tetapi kondisi diatas tidak dijadikan alasan untuk terus beraktivitas tanpa listrik. Beraktivitas tanpa jaringan listrik dapat menghambat atau memperlambat kemajuan kesejahteraan dan peradaban warga. Akibatnya, warga menjadi tertinggal dari perkembangan zaman. Aktivitas pada malam hari terbatas karena gelap gulita dan untuk fasilitas kesehatan, pendidikan juga sangat terbatas.

Dengan beberapa banyak pertimbangan, maka sudah saatnya mencari solusi untuk menerangi desa desa terpencil dengan listrik. Jika jaringan listrik tidak dapat mencapai desa tersebut, maka panel surya merupakan solusi yang dibutuhkan saat ini.

Solusi Menerangi Desa dengan Panel Surya dan Baterai

Panel surya dan baterai kini menjadi solusi terbaik untuk diuji saat ini. Tidak ada jaringan listrik PLN bukan lagi hambatan untuk memakai listrik, dan daerah terpencil tanpa infrastruktur lengkap. Panel surya dan baterai ini tidak membutuhkan tiang dan kabel. Baterai dan panel surya ini dapat dibangun didalam desa yang lokasinya luas dan bebas dari pepohonan, sehingga panel surya dapat menyerap cahaya matahari secara maksimal.

Panel surya dan baterai ini cocok digunakan untuk daerah terpencil dengan rangkaian PLTS Off Grid yang dapat berdiri sendiri tanpa jaringan listrik. Menggunakan sistem ini dikarenakan baterai bekerja dalam penyimpanan dan menghasilkan listrik yang digunakan pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Tetapi panel surya dapat memberikan suasana aman terhadap warga sekitar dari potensi kehabisan listrik dikarenakan cadangan listrik tersedia didalam baterai.

Untuk jaringan PLTS off grid ini lebih mandiri dan lebih kuat dikarenakan tidak membutuhkan bantuan jaringan listrik untuk beroperasi. Listrik yang dihasilkan dari sistem ini akan dialirkan langsung kerumah warga dan disimpan ke baterai untuk cadangan.

Panel surya dan baterai ini dapat menyimpan listrik dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan terpencil. Dengan adanya listrik untuk menerangi malam hari dan dapat membuka akses informasi yang dapat menjadi titik awal untuk memajukan perekonomian desa.

Mendirikan PLTS di desa bukanlah tugas yang sulit, tetapi juga harus direncanakan dengan seris, terutama dalam hal infrastruktur dan pendanaan. Pemberian informasi kepada masyarakat juga sangat penting dilakukan terkait cara mengoperasikan dan merawat panel surya dan baterai yang sudah terpasang agar mempunyai umur panjang dan tetap produktif.

Semua desa perlu bekerja sama dengan visi yang sama untuk mewujudkan listrik panel surya di desa. Dengan solusi panel surya off grid yang dilengkapi dengan baterai, desa terpencil dapat menikmati akses listrik mandiri, meningkatkan kesejahteraan dan memajukan perekonomian. Untuk membangun panel surya yang efektif percayakan pada tim DBSN kami yang sudah menangani proyek secara langsung dan berkompeten.

==========================================================================================================

Marketing 1 : 0822 – 3026 – 1340

Marketing 2 : 0853 – 3413 – 4773

==========================================================================================================

slider pju solar cell indonesia - 1

Write Your Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CART